Senin, 18 Agustus 2008

Celoteh-Celoteh Kemerdekaan 63 Tahun

17 Agustus ?
Kemerdekaan kerap kali kita peringati pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya untuk memperingati para pejuang kita yang dulu berjuang untuk merebut tanah kerajaan ini menjadi negara Indonesia dari penjajah yang serakah itu...
Benar memang setiap orang Indonesia pasti tidak akan sama jawabannya tentang tanggal 17 Agustus ini. Mungkin sudah beberapa orang yang pernah mencari apa arti tanggal 17 Agustus ?
Aku dan kawan-kawan KOFi' 52 pada tahun ini mempertanyakan hal itu kepada beberapa orang Indonesia yang berada di sekitar Kota Medan dari anak-anak sampai orang tua dan dari orang yang makmur dengan orang yang merasa masih di tindas. Jawabanya ada juga yang sama ada juga yang beda karena di lihat dari lingkungannya. Tapi aku yakin semua orang yang aku tanya bangga menjadi rakyat yang merdeka.
Mengibarkan bendera MERAH PUTIH dan menyanyikan lagu Indonesia Raya pasti kita bangga atas para pejuang dulu yang merebut kemerdekaan ini. Soekarno dan M. Hatta menjadi deklarator Kemerdekaan Indonesia untuk seluruh Orang Indonesia adalah momen yang tak bisa dilupakan oleh seluruh Orang Indonesia.
Tapi aku agak terkejut di perkampungan Kuala Namu tepatnya di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 18 Agustus 2008, asli aku lihat tidak ada bendera MERAH PUTIH yang berkibar. Aku bertanya kepada warga setempat apakah di daerah sini tidak ikut pesta kemerdekaan? Yang aku kutip dari kata-kata rakyat Kuala Namu, kami disini merasa belum merdeka karena kami masih merasa di tindas,apakah kami harus memaksakan bawasanya kami sudah merdeka??? Coba kita baca lagi dan benar-benar kita pahami UUD 1945, apa arrti isi dari pasal-pasal tersebut. Apakah kami sudah merdeka??? Kalau kami disini melihat kemerdekaan itu hanya berada pada Negara dan orang-orang berkuasa. Kami tetap mengakui kemerdekaan itu ada di Negara Indonesia, sekarang inilah yang kami buktikan bawasanya kami tetap memertahankan kemerdekaan dari pejuang-pejuang dulu yang menginginkan menjadi rakyat yang makmur. (Andi Galunk)
Tunggu Louncing Film Dokumenter CELOTEH_CELOTEH KEMERDEKAAN 63thn Produksi KOFi' 52. Kameramen Bobby Umroh Editor Andi Galunk Reporter Baim Sutradara Andi Galunk



Tidak ada komentar: